Home » , » 10 Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit Sehari untuk Kesehatan

10 Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit Sehari untuk Kesehatan

Posted by How To ? on Thursday, January 18, 2018

Di zaman sekarang ini, dimana banyaknya mode transportasi yang semakin modern, membuat manusia menjadi semakin malas untuk berjalan kaki ketika bepergian walaupun jarak yang ia tempuh begitu dekat. Padahal dengan berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari, kita bisa mendapat berbagai macam manfaat terutama kesehatan bagi tubuh kita. Lalu apa manfaat yang bisa diperoleh dari berjalan kaki selama 30 menit, berikut ini adalah ulasannya.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Berjalan setiap hari dapat meningkatkan detak jantung kita. Hal ini bisa meningkatkan sirkulasi darah, mengendalikan tekanan darah, menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh, dan meningkatkan kolesterol baik.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Berjalan 30 menit sehari bisa menstimulasi sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini ternyata sangat membantu untuk pencernaan makanan secara lengkap dan meningkatkan metabolisme kita.

3. Mencegah Osteoporosis

Berjalan setiap hari selama 30 menit bisa membantu memperkuat tulang. Selain itu, berjalan di bawah sinar matahari mendorong tubuh kita memproduksi vitamin D3, yang digunakan untuk penyerapan kalsium secara efektif pada tubuh. Berjalan juga mencegah cairan di persendian kita mengering, sehingga arthritis dapat dihindari.

(Baca juga : Cara Ampuh Melindungi Kesehatan Mata Didepan Komputer)

4. Membantu Pembentukan Otot

Berjalan setiap hari juga bisa membantu mengencangkan otot dan meningkatkan rasio otot-lemak pada tubuh. Berjalan selama 30 menit dapat membuat lengan, paha dan bokong yang kencang tanpa harus berlatih keras di gym.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berjalan setiap hari selama 30 menit juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mendorong tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Orang yang rutin berjalan kaki diketahui lebih jarang terkena penyakit flu

6. Dapat Meningkatkan Otot Pada Otak

Berjalan dapat meningkatkan aktivitas di sel otak kita. Hal ini dapat mencegah hilangnya jaringan otak, yang secara langsung berhubungan dengan hilangnya ingatan dan kepikunan pada usia tua. Berjalan setiap hari diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit seperti alzheimer.

7. Menjaga Tubuh Tetap Aktif dan Siaga

Berjalan setiap hari selama 30 menit dapat menyingkirkan berbagai penyakit. Dengan begitu, tubuh akan menjadi semakin sehat dan aktif baik secara mental maupun fisik. Rutin berjalan juga meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan oksigen pada darah. Lebih banyak oksigen pada setiap sel dapat menghasilkan tingkat energi yang tinggi.

8.Membantu Proses Detoksifikasi pada Tubuh

Ketika semua otot pada tubuh bergerak, organ-organ pun mulai membuang racun-racun yang ada. Termasuk juga usus besar menjadi lebih aktif. Hal ini bisa membuat buang air besar menjadi lebih tetatur. Ketika tubuh sudah terbebas dari racun, efisiensinya pun akan meningkat.

9. Berjalan Membuat Kita Menjadi Lebih Bahagia

Berjalan di taman dengan mendengarkan musik kesukaan kita bisa menghilangkan stres dan penat dalam pikiran kita. Selain itu, pikiran mulai memproduksi oksitosin, yang akan mengangkat mood kita. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan terjadinya depresi. Berjalan setiap hari bisa menjadi penghilang stres yangbaik dan juga bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

10. Meningkatkan Harapan Hidup

Hasil studi menunjukkan bahwa berjalan 30 menit setiap hari yang dibarengi dengan diet sehat dapat meningkatkan harapan hidup seseorang paling sedikit 5 hingga 7 tahun. Rutin berjalan mampu membantu memecahkan sebagian besar masalah kesehatan kita, yang secara otomatis menambah harapan hidup

Nah, demikian tadi adalah 10 Manfaat berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari. Semoga artikel tadi dapat menambah wawasan dan kesadaran kita semua bahwa sangat penting menjaga kesehatn tubuh kita.


Sumber : MSN.com

Thanks for reading & sharing How To ?

Previous
« Prev Post

1 comments:

Recent

Pencarian

Find Me

Popular Posts