Home » , , , , , , » Variabel Lokal dan Variabel Global | Fungsi dalam C++

Variabel Lokal dan Variabel Global | Fungsi dalam C++

Posted by How To ? on Wednesday, January 17, 2018

Pemrograman modular memungkinkan perancang program menyederhanakan persoalan didalam program dengan memecah atau membagi persoalan tersebut menjadi sub-sub persoalan yang lebih kecil agar mudah diselesaikan. Secara umum dikenal dua cara yang dapat digunakan untuk memcah persoalan dalam modul-modul yaitu dengan menggunakan struktur fungsi dan prosedur.



Variablel Lokal
Variabel lokal merupakan variabel yang dideklarasikan di dalam fungsi atau procedure. Variable ini hanya dapat dikenali di dalam fungsi atau procedure itu sendiri. Variabel lokal tidak dapat dipanggil diakses dan diubah oleh prosedur atau fungsi yang lain, bahkan oleh program utama sekalipun.

Variabel Global
Variabel global merupakan variabel yang didefinisikan dalam program utama dan dapat digunakan diprogram utama maupun sub-sub program lainnya. Nilai dari variabel ini dapat dipanggil, diakses, dan diubah oleh prosedur atau fungsi apapun yang terdapat dalam program tersebut.



Jika kita melihat struktur penulisan fungsi, strukturnya hampir atau bahkan sama dengan program utama. Pada dasarnya, pemrograman dengan menggunakan C++ adalah pemrograman dengan struktur fungsi, dimana setiap kode yang dituliskan harus dalam bentuk fungsi, tak terkecuali program utama. Program utama merupakan suatu fungsi dengan nama main() yang tidak memiliki nilai kembali atau nilai kembalinya adalah nol. Oleh karena itu kita juga dapat menuliskan program utama dengan void main() atau int main() dengan return value nya 0.

Saat program utama dijalankan, kode yang pertama dieksekusi adalah fungsi main(). Oleh karena nya setiap program minimal harus memiliki satu fungsi main(), dimana isi dari fungsi ini adalah inti dari program.



Pada program diatas, tampak bahwa kode dengan menggunakan fungsi lebih banyak dibanding yang tidak, namun jika kita menulis dengan fungsi, akan mempermudah kita membagi beberapa masalah. Selain itu jika kita ingin menggunakan lagi perhitungan tersebut, kita hanya perlu memanggil fungsi tersebut dengan parameter yang sesuai. Namun jika kita tidak menggunakan fungsi, maka kodenya harus kita tulis ulang. Untuk memanggil fungsi, harus diisikan pada suatu nilai tertentu yang tipenya sesuai dengan tipe nilai kembali fungsi tersebut. Misalnya pada contoh diatas, variabel luasUtama yang akan diisikan oleh nilai fungsi tersebut.

Sekian artikel tentang fungsi pada variabel global dan variabel lokal dalam pemrograman bahasa C++, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan kita semua. Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan dikolom komentar. 

Thanks for reading & sharing How To ?

Previous
« Prev Post

1 comments:

Recent

Pencarian

Find Me

Popular Posts